Laporan Kegiatan Workshop Pendampingan dan Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Nasional dan Internasional

Di era globalisasi saat ini, publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal nasional maupun internasional memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu media utama bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran mereka. Melalui jurnal ilmiah, temuan-temuan baru dapat disebarluaskan dan dikaji lebih lanjut oleh komunitas ilmiah di seluruh dunia.

Hampir setiap kegiatan penelitian dosen, praktisi atau peneliti menuntut luaran dalam bentuk jurnal. Begitu pula untuk keperluan serdos, remun dan kenaikan pangkat juga memerlukan publikasi jurnal. Selain itu keberadaan jurnal juga memberikan dampak IKU bagi perguruan tinggi, semakin bagus peringkat jurnal, nilai IKU juga akan semakin baik. Dalam rangka untuk meningkatkan tata kelola jurnal yang profesional, Universitas Mataram melalui LPPM mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Pendampingan dan Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Nasional dan Internasional”.  Kegiatan workshop ini mengundang sekitar 62 peserta pengelola jurnal di lingkungan Universitas Mataram yang tersebar dari berbagai fakultas. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, M.Si. Beliau adalah Chief Editor  Indonesian Journal of Science and Technology (IJoST)  ⁠Ter indeks scopus.

Kegiatan workshop diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2024 bertempat di Ruang sidang Senat Universitas Mataram. Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Unram dan pembacaan doa. Acara berlanjut dengan pemaparan laporan dari ketua panitia Dr. Guyup Mahardhian Dwi Putra, M.Si. Beliau menyampaikan dalam pengelolaan jurnal perlu ada semangat, niat dan motivasi. Tidak mudah mengelola jurnal demi mencapai peringkat sinta tertinggi bahkan scopus. Oleh karena itu kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan tata kelola jurnal, tata kelola SDM, dan tata kelola keuangan. Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh rektor Universitas Mataram yang diwakilkan wakil rektor 1 bidang akademik Prof. Dr. Ir. Siti Hiliyana, M.Si sekaligus membuka rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Beliau memaparkan betapa pentingnya saat ini untuk mempublikasi karya ilmiah untuk berbagai keperluan di bidang akademik, sehingga perlu wadah yaitu jurnal. Jurnal yang berkualitas akan mampu mendatangkan author dengan mudah dan biaya pun bisa semakin tinggi apalagi jurnal scopus mencapai 30 juta per artikel. Hal ini yang dapat ditangkap sebagai income generating univeritas mataram dan peningkatan IKU. Sehingga memang perlu diadakan kegiatan dalam rangka menaikkan peringkat jurnal di Universitas Mataram. Kegiatan ini berlanjut dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, M.Si. Beliau menyampaikan materi mengenai poin-poin dalam penilaian jurnal terakreditasi sinta. Menurut beliau, penilaian jurnal terakreditasi lebih rumit daripada jurnal scopus, sehingga beliau menawarkan jika mau akreditasi jurnal lebih baik langsung scopus. Namun hal itu tidak menjadi kewajiban, karena tergantung kemampuan masing-masing para pengelola. Di akhir materinya, Prof Ade berpesan kepada pengelola jurnal untuk lebih kuat dan merasa senang dalam mengelola jurnal, tidak menjadikan mengelola jurnal menjadi sebagai beban dan paksaan.

Seluruh rangkaian kegiatan workshop di tutup dengan penyerahan cindera mata dari Universitas Mataram yang diwakili oleh Prof. Aris Doyan, M.Si., Ph.D kepada Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, M.Si. dan di akhiri dengan kuis yang dikemas menarik sehingga para peserta antusias mengikuti kuis tersebut.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya