Sinergi LPPM Unram dan LP2M Universitas Jember: Meningkatkan Kapasitas Penelitian dan KKN Kolaboratif untuk Dampak Berkelanjutan

(Kamis, 10 Oktober 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram

Universitas Mataram, Kamis, 10 Oktober 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (Unram) dan Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember secara resmi menandatangani nota kesepahaman dalam kerja sama strategis. Acara ini dilangsungkan di Ruang Sidang LPPM Unram pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Lppm Unram Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. didampingi oleh Sekretaris LPPM Unram Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.; Dr. Ir. Misbahuddin, ST.,MT.IPU selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lppm Unram; adapun dari pihak Universitas Jember dihadiri oleh Kepala LP2M Universitas Jember Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP., M.P.

Dalam sambutannya, Kepala LPPM Unram menekankan pentingnya kolaborasi ini sebagai langkah strategis untuk mengembangkan kapasitas penelitian, baik dalam hal metode, teknik publikasi, maupun pengembangan kualitas penulisan HKI. “Kerja sama ini tidak hanya berfokus pada penelitian bersama, tetapi juga pada pengembangan kapasitas para peneliti. Melalui sinergi ini, kita ingin memastikan bahwa dosen dan mahasiswa dari kedua universitas dapat memperluas kemampuan mereka dalam penelitian dan publikasi, serta berkontribusi lebih dalam pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Kesepakatan ini mencakup beberapa aspek penting, termasuk penelitian bersama antara perguruan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan sinergi di berbagai disiplin ilmu melalui kolaborasi penelitian. Selain itu, terdapat fokus pada pengabdian kepada masyarakat dengan implementasi program-program yang dapat memberikan dampak positif langsung bagi masyarakat setempat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaboratif juga akan dilaksanakan di Pulau Lombok pada periode Desember hingga Februari, melibatkan mahasiswa dari kedua universitas untuk bekerja sama dalam program pengabdian di berbagai desa.

Aspek lainnya adalah pengembangan kapasitas penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup pelatihan dan peningkatan keterampilan dosen serta mahasiswa dalam kegiatan akademis dan pengabdian. Selain itu, terdapat juga inisiatif untuk penulisan draft Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang bertujuan untuk mengembangkan potensi inovasi akademis dan melindungi hasil penelitian melalui pengajuan HKI secara bersama-sama.Kerjasama antara LPPM Unram dan LP2M Universitas Jember ini akan terlaksana selama lima tahun ke depan yang terhitung dari periode KKN Desember 2024-Februari 2025. Ketua layanan KKN LPPM Unram mengatakan bahwa jika kerjasama ini berjalan dengan baik, maka kemungkinan akan ada rencana untuk melanjutkan kerjasama lagi setelah 5 tahun berjalannya kerjasama ini.

Dalam kerjasama antara LPPM Unram dan LP2M Universitas Jember ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen baik dari Universitas Mataram sendiri maupun Universitas Jember. Dalam aspek kerjasama KKN Kolaboratif ini, beberapa dari mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi Universitas Jember akan melaksanakan KKN di pulau Lombok.

Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT., IPU, selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) LPPM Unram menambahkan, “Kami berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas di bidang penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama ini tidak hanya berfokus pada penelitian semata, tetapi juga pada pengembangan kapasitas penelitian para dosen dan mahasiswa. Melalui kolaborasi ini, kami ingin memastikan bahwa semua pihak terlibat dapat meningkatkan keterampilan mereka, baik dalam melakukan penelitian maupun dalam meningkatkan kapasitas akademik.”

Kerja sama ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kapasitas akademik dan memperluas kontribusi LPPM Unram dan LP2M Universitas Jember dalam penelitian, pengabdian masyarakat, serta pemberdayaan potensi lokal melalui program KKN kolaboratif dan inisiatif lainnya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya