Sinergi KKN PMD dan Pembangunan Desa: Gelar Wicara UNRAM 2024 dengan Fokus pada Ekonomi Biru, Hijau, Kreatif dan Kesehatan Mandiri

(Kamis, 5 September 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram)

Mataram, 21 Agustus 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM UNRAM), menggelar kegiatan Seminar Nasional Gelar Wicara Universitas Mataram dengan mengangkat tema “Menggali Potensi Desa melalui KKN PMD untuk Membangkitkan Ekonomi Biru, Hijau, Kreatif dan Kesehatan Mandiri”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting.

Seminar ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memaksimalkan potensi desa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Dengan fokus pada pengembangan ekonomi biru, hijau, kreatif, dan kesehatan mandiri, seminar ini menjadi pijakan dalam menumbuhkan wawasan baru dan strategi praktis bagi pengembangan desa yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini hadir mewakili Kepala LPPM UNRAM, Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT.IPU.; didampingi Ketua Panitia Andre Rachmat Scabra, S.Pi, M.Si.; Sekretaris Layanan KKN Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, S.P.,MP; Kepala Sub Bagian Umum Roni Paslan,S.Adm. serta seluruh staff pengelola KKN.

Seminar Nasional Gelar Wicara ini menghadirkan Nasrasumber diantaranya: Prof. Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram), Lukman Awaludin, S.Si., M.Cs. (Dosen Universitas Gajah Mada), Drs. Jeckson Siahaan, M.Pd. (Pembina PKM Universitas Mataram) dan Ir. Ramadhaniati (Direktur LP2M Sumatra Barat).

Mengawali kegiatan penarikan, Ketua Panitia Andre Rachmat Scabra, S.Pi, M.Si. melaporkan “Seminar Nasional Gelar Wicara Unram 2024 ini adalah yang kedelapan kalinya kami selenggarakan sejak tahun 2020. Selama periode tersebut, kami telah berkomitmen untuk terus menghadirkan forum yang mendalam dan bermakna bagi pengembangan desa melalui berbagai program KKN PMD.”

“Kami sangat bangga melaporkan bahwa sejak pelaksanaan KKN PMD, baik dalam skema reguler maupun MBKM, telah terkumpul sebanyak 132 artikel yang merupakan hasil dari berbagai program dan kegiatan yang dilakukan di desa-desa. Hasil ini tidak hanya menunjukkan dedikasi mahasiswa kami, tetapi juga dampak positif yang telah mereka berikan kepada masyarakat desa dan peningkatan reputasi Universitas.

Kepala Pusat Kerjasama dan KKN Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT.IPU, dalam sambutannya mengatakan, “Seminar Nasional Gelar Wicara 2024 ini merupakan platform yang sangat penting untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memberdayakan desa melalui KKN PMD. Kami berharap acara ini dapat menginspirasi semua pihak untuk berkolaborasi dalam menciptakan desa yang lebih berkelanjutan dan mandiri.”

Dr. Misbahuddin menegaskan “Desa memiliki potensi yang sangat besar sebagai pilar pembangunan nasional. Dalam kerangka pembangunan yang berkelanjutan, desa merupakan fondasi yang krusial untuk menciptakan pertumbuhan yang inklusif dan merata.”

Kegiatan KKN PMD juga berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa pengembangan ekonomi desa harus sejalan dengan prinsip kelestarian lingkungan. Dengan adanya berbagai proyek dan inisiatif yang dilaksanakan oleh mahasiswa, KKN PMD dapat membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa dan rekomendasi bagi pemangku kebijakan terkait. Tandas Dr. Ir. Misbahuddin

Program KKN PMD memungkinkan mahasiswa untuk berkolaborasi langsung dengan masyarakat desa dalam merancang dan melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Ini termasuk pengembangan usaha kecil, program pendidikan, dan inisiatif kesehatan. Dengan memanfaatkan keahlian akademik dan keterampilan praktis, UNRAM memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung program pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pertumbuhan ekonomi.

Program KKN PMD menjadi jembatan yang efektif antara teori akademik dan praktik lapangan, memungkinkan mahasiswa untuk memberikan kontribusi langsung yang signifikan bagi pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Seminar Nasional Gelar Wicara UNRAM 2024 dapat menjadi momentum bagi terwujudnya desa-desa yang lebih kuat, mandiri, dan berkelanjutan melalui sinergi antara pendidikan, masyarakat, dan pengembangan ekonomi. Dengan komitmen untuk memajukan desa, Universitas Mataram berharap Seminar Nasional Gelar Wicara 2024 dapat memberikan kontribusi signifikan bagi masa depan desa.


Penulis : Muhammad Hari Aditia Pratama, SP

Editor : Nina Suhari, ST



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya