Press Release Rapat Penyusunan Panduan dan Etika Publikasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram

(Senin, 8 Juli 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram)

Mataram, Universitas Mataram –Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) menggelar kegiatan workshop penyusunan panduan dan etika publikasi. Kegiatan ini berlangsung di ruang Sidang Utama LPPM Universitas Mataram.

Dalam kesempatan ini hadir Kepala Lppm Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr; didampingi Kepala Pusat Publikasi, Koneferensi dan HKI Prof. Drs. Aris Doyan, M.Si.,Ph.D.; Kepala Pusat Riset Prof. Ir. Buan Anshari, ST.,M.Sc.(Eng).,Ph.D.; Dr. Ir. Misbahuddin, ST.,MT.,IPU. selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN); I Wayan Sudiarta, Ph.D. Kepala Pusat Kendali Mutu, Data dan Informasi; Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, SP.,MP. serta Kepala Sub Bagian Umum Roni Paslan,S.Adm.

Workshop ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang semakin kompleks dalam praktek publikasi ilmiah, termasuk masalah plagiasi, penulis yang tidak sah, dan praktik-praktik tidak etis lainnya yang mengancam integritas penelitian akademik. Workshop ini juga menjadi momentum untuk mengembangkan kerja sama antarlembaga dalam upaya mempromosikan standar etika yang lebih tinggi dalam publikasi ilmiah. Kolaborasi antaruniversitas dan lembaga penelitian diharapkan dapat memperkuat implementasi panduan etika yang ada dan membangun budaya akademik yang lebih transparan dan bermoral.

Dalam sambutanya, Kepala Lppm Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr, menggarisbawahi komitmen universitas mataram dalam mendukung upaya global untuk meningkatkan integritas penelitian, serta menegaskan pentingnya untuk terus melakukan pendidikan dan pelatihan terkait etika publikasi kepada seluruh komunitas akademik,khusunya yang ada di Universitas Mataram.

Fenomena pelanggaran etika penelitian yang ada akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik, terutama kalangan akademisi, peneliti, dan ilmuwan Indonesia. Pelanggaran etika penelitian, dapat terjadi baik dalam proses pelaksanaan penelitian maupun pemanfaatan hasil-hasil penelitian, dan dalam berbagai bentuk, seperti; fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme. Ujar Prof. Dr. Ir. Sukartono

Dengan demikian, workshop ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga tetapi juga menciptakan langkah konkret untuk meningkatkan praktik publikasi ilmiah yang bermutu dan etis. Universitas Mataram berharap bahwa panduan yang dihasilkan dari workshop ini akan menjadi landasan yang kuat untuk mendukung kemajuan penelitian yang berintegritas di masa depan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya