Revisi Buku Panduan RIP Unram: Memperkuat Visi Universitas Unggul dan Berdaya Saing Global

(Jum’at, 04 Oktober 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram)

Universitas Mataram, 04 Oktober 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (UNRAM) mengadakan rapat penyusunan Revisi Buku Panduan Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Rapat ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Unram dalam mendukung visi universitas menjadi institusi unggul dan berdaya saing global.

Dalam kegiatan ini hadir Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. selaku Kepala Lppm Unram; Sekretaris Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, M.P.; Heri Wijayanto, S.T., MT. Ph.D. Ketua Panitia Revisi Buku Panduan RIP Unram; Prof. Ir. Buan Anshari, ST., MSc.(Eng)., Ph.D. Kepala Pusat Riset; Dr. Ir. Misbahuddin, ST.,MT.,IPU. Kepala Pusat Kerjasama dan KKN; Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, SP.,MP. Kepala Pusat Pengabdian dan Bapak Roni Paslan, S.Adm. selaku KASUBAG Umum Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (UNRAM).

Mengawali Kegiatan Ini Kepala Lppm Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. dalam sambutanya mengatakan bahwa “Penyusunan rencana induk ini merupakan langkah strategis untuk mengintegrasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi kita kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, peserta membahas berbagai isu, termasuk pengembangan riset yang berbasis pada kebutuhan lokal, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional.

“Dengan adanya rencana induk yang jelas, kami berharap Unram dapat memproduksi penelitian dan pengabdian yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mampu bersaing di tingkat global,” tambah Prof. Sukartono

Dalam upaya mewujudkan visi Universitas Mataram sebagai universitas unggul dan berdaya saing global, kami berkomitmen untuk memperbaharui Rencana Induk Penelitian (RIP) yang tidak hanya sejalan dengan tujuan strategis institusi, tetapi juga menjawab tantangan yang ada, terutama terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menambahkan “Penyusunan RIP ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap penelitian dan pengabdian yang dilakukan di Unram berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami menyadari bahwa tantangan global saat ini, seperti perubahan iklim, ketahanan pangan, dan ketidaksetaraan sosial, memerlukan perhatian dan solusi yang inovatif.”

Oleh karena itu, RIP ini akan mengarahkan fokus penelitian kami untuk mendukung pencapaian SDGs dengan mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kami mendorong seluruh civitas akademika untuk berkolaborasi, berinovasi, dan menciptakan dampak positif yang nyata bagi masyarakat.

“Kami percaya bahwa dengan Rencana Induk Penelitian yang jelas dan terarah, Universitas Mataram akan mampu menjawab tantangan masa depan serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal, nasional, dan global.” Tandas Prof. Dr. Sitti Hilyana

Dengan langkah ini, Universitas Mataram berharap dapat berkontribusi lebih besar dalam pembangunan masyarakat dan lingkungan, sejalan dengan komitmen untuk menciptakan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya