Seminar Nasional Pepadu VI: Kolaborasi Unram, UHO, UBT, dan Undova dalam Pengembangan Produk Unggulan Berbasis Potensi Lokal Menuju Blue Economy dan Green Economy Berkelanjutan

(Jum’at, 27 September 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram)

Universitas Mataram, Kamis, 26 September 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (UNRAM) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional PEPADU 2024 dengan tema “Pengembangan Produk Unggulan Berbasis Potensi Lokal dalam Mewujudkan Blue Economy dan Green Economy Berkelanjutan.” Acara ini dihadiri oleh para akademisi, peneliti, mahasiswa, dan pemerintah yang berdiskusi mengenai pentingnya pengembangan produk lokal dalam mendukung ekonomi berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si.; Prof. Akmaluddin, ST., M.Sc.(Eng), Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang  Perencanaan, Kerjasama, & Sistem Informasi; Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. selaku Kepala Lppm Unram didampingi oleh sekretaris Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, M.P.. Dismaping itu hadir Bapak Ir. Muhamad Syamsu Iqbal, S.T., M.T., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik; Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D. Dekan FKIP dan Dr. Ir. Satrijo Saloko, M.P. selaku Dekan FATEPA serta Ketua Panitia Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, S.P., M.P.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si, Kepala  Dinas Perdagangan Prov. NTB yang saat ini juga menjabat Plt. Bupati Dompu; Prof. Ma’ruf Kasim, SPi, MSi, Ph.D Universitas Halu Oleo; Dr. Sabarudin Akhmad, ST., MT, IPU, ASEAN Eng, CRP, MQM, CITMP, MPM, CIOMP Universitas Trunojoyo; Baiq Yulfia Elsadewi Yanuartati, SP., M.Rur.Sys.Man, Ph.D Universitas Mataram dan dimoderatori oleh Prof. Ir. Buan Anshari, ST., M.Sc.(Eng)., Ph.D.

Mengawali kegiatan ini Ketua Panitia Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, S.P., M.P. melaporkan bahwa “Seminar nasional Pepadu merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh LPPM Univ. Mataram, dimana semnas tahun ini merupakan kegiatan seminar pengabdian yang keenam sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2019”.

“Kegiatan ini tidak hanya berupa Seminar Nasional, akan tetapi dirangkaikan dengan Pameran Produk Hasil KKN-PMD dan dilanjutkan dengan Pengabdian Kolaborasi Nasional 4 perguruan tinggi yaitu Unram, Universias Halu Oleo , Universitas Borneo Tarakan dan Universitas Cordova.”

Seminar yang berlangsung di Balroom Selaparang Hotel Lombok Raya Mataram ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi lokal yang ada di Indonesia, terutama dalam konteks blue economy dan green economy.

kami ingin menekankan bahwa kolaborasi antara universitas sangatlah penting untuk mendorong pengembangan ekonomi hijau dan biru yang berkelanjutan. Melalui kerja sama dalam penelitian dan publikasi, kita dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang berharga. Ini tidak hanya memperkaya wawasan akademis, tetapi juga menciptakan sinergi yang memungkinkan kita untuk memaksimalkan potensi lokal yang ada, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, yang pada gilirannya akan mendukung kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. Ujar Dr. Sitti Hilyana

Dalam seminar ini, sejumlah pemateri terkemuka baik dari pihak pemerintah dan akademisi mempresentasikan penelitian, pengabdian  dan praktik terbaik mengenai produk unggulan berbasis potensi lokal. Diskusi juga difokuskan pada tantangan dan solusi yang dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan ekonomi berkelanjutan di daerah.

Salah satu pemateri, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si,, menyampaikan “gerakan “Bela dan Beli Produk Lokal” sebagai langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan memperkuat daya saing produk lokal, kita tidak hanya membantu para pelaku usaha kecil dan menengah, tetapi juga melestarikan budaya dan kekayaan alam NTB. Kesadaran masyarakat untuk memilih produk lokal akan berdampak positif pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kita.

Seminar ini diakhiri dengan sesi diskusi interaktif, di mana peserta memberikan masukan dan ide-ide untuk pengembangan lebih lanjut. Harapan besar diungkapkan agar seminar ini dapat menjadi wadah kolaborasi yang berkelanjutan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang berbasis pada potensi lokal.

Sebagai penutup, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. selaku Kepala Lppm Unram “kami sangat berterima kasih atas partisipasi luar biasa dalam Seminar Nasional Pengabdian dan Pemeran Produk ini. Dengan sekitar 487 peserta yang hadir, termasuk delegasi dari berbagai universitas seperti Universitas Halu Oleo, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Cordova, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Negeri Malang, Universitas Sriwijaya, Stikes Yarsi Mataram, Dinas Kesehatan, Kab. Sumbawa Barat, UPT Kesehatan Perampuan Dinas Kesehatan Lombok Barat, Rumah sakit Harapan Keluarga, RSUD Prov. NTB dan Universitas Gunung Rinjani, serta Universitas Tamu yakni Universitas Trunojoyo Madura seminar ini telah menjadi salah satu yang terbesar yang pernah kami selenggarakan.

Kami berharap seminar ini bukan hanya menjadi ajang berbagi ilmu dan pengalaman, tetapi juga memicu kolaborasi yang lebih erat antar institusi dalam pengembangan produk unggulan lokal. Mari kita terus bekerja sama untuk mewujudkan visi ekonomi berkelanjutan dan memberdayakan potensi yang ada di daerah kita. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi.

Kegiatan ini di tutup dengan Penandatanganan Kerjasama dalam Pengabdian kolaborasi nasional antara Kepala Lppm Unram; Dr. La Aba, S.Si, M.Si. Ketua Lppm UHO, Dr. Etty Wahyuni MS., S.Hut., M.P Ketua Lppm UBT, dan Khusnul Khotimah,S.H.,M.H.  Kepala Dppm UNDOVA.

Dengan suksesnya Seminar Nasional PEPADU 2024, Universitas Mataram menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang lebih berkelanjutan, sekaligus memberdayakan potensi lokal yang ada di Indonesia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya