Kontes Inovasi 2024: Ajang Talenta Mahasiswa dan Dosen dalam Menciptakan Solusi Ekonomi Berkelanjutan

(Kamis, 10 Oktober 2024, Disusun oleh Tim Humas dan Media LPPM Universitas Mataram)

Mataram, 15-16 Oktober 2024 — Universitas Mataram melalui Pusat Pengelola Inkubator Bisnis dan Inovasi (KUBINOV)  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) resmi menggelar Kontes Inovasi 2024. Acara ini mengangkat tema “produk kreatif dan inovatif berbasis riset menuju ekonomi berkelanjutan” yang bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini berlangsung di ruang siding utama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram Dr. Sujita, S.T., M.T., Kepala Lppm Unram Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr didampingi oleh Sekretaris Lppm Unram Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.; Dr. Didy Ika Supryadi, SE.,MM. Kepala Pusat Kubinov Lppm Unram dan Abdurrahman, SE.,MM. selaku Ketua panitia Kontes Inovasi 2024.

Abdurrahman, SE., MM., Ketua Panitia Kontes Inovasi 2024, melaporkan bahwa “Kontes inovasi tahun ini berlangsung selama dua hari, diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari 27 mahasiswa dan 7 dosen. Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal untuk mempublikasikan hasil karya dosen dan mahasiswa, baik melalui penelitian maupun pengabdian masyarakat, yang bermanfaat bagi institusi dan masyarakat.”

Dengan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen, kontes ini membuka ruang bagi setiap individu untuk mengekspresikan ide-ide segar yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Beragam inovasi yang dihadirkan mencakup bidang teknologi, kesehatan, lingkungan, dan sosial, menunjukkan keberagaman pemikiran dan pendekatan yang dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada.

Kepala LPPM Universitas Mataram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr, menyampaikan, “Kontes ini merupakan kesempatan bagi para inovator untuk menunjukkan potensi mereka serta mendapatkan dukungan dalam mengembangkan ide-ide menjadi produk nyata. Kami berharap dapat menciptakan sinergi antara akademisi dan Masyarakat serta instansi pemerintah”

“Melalui kontes ini, Universitas Mataram tidak hanya meningkatkan kreativitas dan kolaborasi di kalangan civitas akademika, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU), yang sejalan dengan visi universitas untuk menjadi institusi unggul dan berdaya saing global. Inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, sekaligus memperkuat posisi universitas di kancah nasional dan internasional.” Ujar Prof. Dr. Ir. Sukartono

Dengan melibatkan 34 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen, kontes ini mendorong kolaborasi dan pertukaran ide yang konstruktif. Setiap inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi masyarakat, sekaligus meningkatkan relevansi penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh civitas akademika.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram Dr. Sujita, S.T., M.T. saat membuka acara menegaskan “Kontes ini diharapkan dapat mendorong semangat inovasi yang berkelanjutan di kalangan mahasiswa dan dosen, serta menciptakan sinergi antara dunia akademik, industri, dan pemerintah. Dengan dukungan dari berbagai pihak, inovasi yang dihasilkan tidak hanya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga pada pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.”

Dengan semangat untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat, Universitas Mataram berharap Kontes Inovasi 2024 dapat menjadi platform bagi generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi bagi masyarakat.

Melalui langkah ini, Universitas Mataram bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, menjadikan institusi ini sebagai pusat inovasi yang mampu mencetak generasi yang siap bersaing di tingkat global. Kontes Inovasi 2024 bukan hanya sekadar acara, tetapi sebuah gerakan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya